Tips Work From Home (WFH)

Presiden Joko Widodo secara resmi mengimbau pada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran virus Corona COVID-19 bisa ditekan di Indonesia. Caranya yaitu dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Jokowi mengimbau agar kegiatan seperti belajar, bekerja dan beribadah baiknya dilakukan di rumah. Selain itu, aparatur sipil negara (ASN) dibolehkan kerja dari rumah dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima. “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat Minggu (15/3/2020). Meski sudah memberikan pernyataan untuk tidak keluar dari rumah, Jokowi berpesan agar masyarakat tidak panik dan tetap produktif meski bekerja dari rumah.

Bekerja di rumah tentu saja situasinya akan berbeda dibandingkan dengan bekerja di kantor. Mulai dari suasana hingga manajemen waktu. Belum lagi kamu yang juga harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti memasak, mengurusi binatang peliharaan, hingga membersihkan ruang kerja atau kamar.

Bukan hanya itu saja, kamu yang cenderung bekerja di atas kasur biasanya justru malah akan malas untuk bekerja. Suasana kamar atau rumah justru membuatmu ingin berlibur dan bersantai. Sulit juga rasanya kalau rasa malas sudah melanda. Agar pekerjaan tidak tertunda, WFH pun tetap produktif, ikuti beberapa tips berikut ini :

  1. Atur Waktu Kerja

Terapkan manajemen waktu kerja di rumah sama seperti di kantor. Jika anda memulai pekerjaan pada pukul 08.00 pagi, maka bekerjalah di rumah sama seperti saat di kantor. Bekerja di rumah memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, maka dari itu usahakan terapkan manajemen waktu untuk kerja di rumah agar tetap focus pada apa yang dikerjakan

2. Tentukan Waktu Istirahat

Bekerja di rumah bukan berarti tidak membutuhkan istirahat bukan? Sebaliknya, jika bekerja di kantor akan terasa sangat cepat, maka bekerja di rumah akan terasa sangat lama. Maka dari itu, tentukan waktu istirahat saat bekerja di rumah sama dengan bekerja saat di kantor. Istirahat dari semua gadget, seperti handphone dan laptop.

3. Bekerja Bersama Anak

Bekerja bersama anak memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih sifatnya yang cenderung mudah bosan, membuat anda harus ekstra memberikan kegiatan yang bervariasi. Selain memberikan kegiatan-kegiatan yang bervariasi, jangan lupa untuk berikan pengertian kepada anak anda tentang kondisi di luar sana dengan bahasa yang mudah dipahami. Ajak menereka untuk mewarnai, membaca buku anak-anak atau berikan mainan yang aman sesuai dengan usianya.

4. Komunikasi dengan Rekan Kerja

Dengan bekerja di rumah, bukan berarti anda bebas dan menunda pekerjaan di rumah. Selain itu, bukan berarti anda juga harus stand by di depan laptop atau hp tanpa henti. Jika ingin beristirahat, jangan lupa untuk ijin kepada rekan kerja. Meski bekerja di rumahn, komunikasi dalam satu tim harus tetap sehat.

5. Jaga Kesehatan

Bagian terpenting dari keseluruhan adalah dengan tetap menjaga kesehatan. Dengan bekerja di rumah, bukan berarti kebutuhan gizi tidak terpenuhi. Pastikan untuk tetap mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup, karena air mineral dapat membantu anda untuk tetap focus dalam kerja.

Demikian tips untuk bekerja di rumah. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk anda yang sedang bekerja di rumah. Bagi anda yang pekerjaannya menuntut untuk tetap bekerja seperti biasa, usahakan tetap selalu jaga kesehatan dan kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan ketika sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Serta, tingkatnya ibadah kepada Tuhan agar kita selalu dalam lindungan-Nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *